Tentang KMI Putri NDM

Tentang KMI Putri NDM

        KULLIYYATUL MU’ALLIMAT (KMI) adalah sebuah lembaga pendidikan non formal setingkat SMA yang bernanung di bawah PONDOK PESANTREN NAHDHATUL MUSLIMAT (NDM) Surakata, sebuah lembaga pendidikan khusus putri yang telah lama berdiri, yakni pada tahun 1951 M yang berkedudukan di Jl. Trisula, No. 46 Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta.

      Dalam perjalanannya, Pondok Pesantren NDM mengalami pasang surut. Pada era 50-an hingga 70-an NDM menjadi lembaga pendidikan yang sangat maju pada zamannya dan memiliki jumlah santri yang cukup lumayan. Namun, pada masa-masa berikutnya NDM mengalamai stagnasi bahkan kemunduran yang luar biasa; hingga nyaris berhenti dan ditutup. Namun, Allah berkehendak lain, pada awal tahun 2000, PONDOK PESANTREN NDM di bawah asuhan KH. Ahmad Fadholi, Sp. kembali memperlihatkan geliatnya dengan nuansa, corak, dan segmen peminat yang baru. Pondok Pesantren NDM dengan lembaga pendidikan formalnya, MTs NDM, mengalamai perkembangan yang cukup pesat dan mulai diminati oleh lapisan masyarakat, baik di sekitar kota Surakarta maupun luar Surakarta, bahkan luar Jawa.

       Di saat yang sama, mulai dirasakan akan kebutuhan mencetak ustadzah yang memiliki kemampuan untuk mengajar mata pelajaran kepondokan dan tsaqofah Islam di MTs. Maka, pada tahun 2008 M dengan sangat sederhana, SDM yang masih jauh dari cukup, dan sarpras serta infrasturktur yang jauh dari kata memadai, dengan modal tawakkal kepada Allah, KH. Ahmad Fadholi, dibantu dengan beberapa ustadzah senior, bertekad memenuhi kebutuhan tersebut dengan mendirikan lembaga pendidikan non formal dengan nama KULLIYYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYYAH yang saat itu belum ada kantor, dan infrastruktur lainnya, kecuali hanya kelas yang di adakan di Mushalla dan di ruang asrama santri MTs.

Leave a Reply

Close Menu